December 8, 2010

UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

2010

MEMORY IN 18 JULI 2010

inggu, 18 Juli 2010. Kegiatan KMD telah berakhir namun rasa lelah dan capek itu  masih ku rasakan. Tetapi hal itu tidak membuatku dan teman-teman menunda rencana untuk menjenguk salah satu sahabat kami yang sedang sakit.

Hari itu tepatnya pukul 09.30 kami bersepuluh menuju rumah teman kami di Purworejo. Tak bisa kami bayangkan perjalanan dari Jogja ke Purworejo sangatlah menyita waktu. Tepatnya pukul 11.30 kami baru sampai di rumah sahabat kami. Kami saling bercengkerama dengan sahabat kami. Dan ternyata keadaan sahabat kami telah membaik.

Saat itu kami mempunyai rencana untuk singgah ke tempat wisata yaitu ke ”Puncak Suroloyo”. Perjalananpun kami lanjutkan menuju puncak tersebut. Ternyata jalan yang harus kami lalui untuk menuju puncak sangat mengejutkan. Naik turun dan lika liku jalan yang harus kami tempuh membuat kami terpuruk untuk melanjutkan perjalanan. Beberapa kali kami berhenti untuk sejenak menghilangkan lelah.

Ternyata rintangan yang harus kami lalui untuk menuju puncak telah terbayarkan dengan suasana puncak yang sangat mengharukan. Keindahan dan kesejukan suasana puncak telah merubah rasa lelah kami dengan rasa bahagia dan mendekatkan rasa kebersamaanku dengan teman-teman. Setelah rasa lelah itu mulai hilang, kami kembali pulang menuju kota Jogja tercinta.

A

khirnya….planning yang kita angan-angan akan terlaksana juga….., anak-anak dusun Grojogan (nama kampung tempat tinggalku) pengen banget picnic bareng, tapi sayang uang khas kita tipis dan kantongnya juga pada kering…(emm….nggak modal banget sich…) tapi karena anak-anak Grojogan terkenal kreatif dan banyak akal kita pun tetep masih bisa piknik bareng…begini ceritanya: lapangan yang ada di kampungku kebetulan tiap tahun dipake buat langganan parkir bus angkutan lebaran karyawan dari salah satu perusahaan di Jakarta (tapi para sopirnya itu nggak pernah bayar uang parkir loh…padahal kalau parkir diluar perharinya aja dah mahal….).

Nah…karena itulah anak-anak Grojogan juga nggak                                                          mau kalah untuk memanfaatkan bus yang ada   juga….akhirnya pentolan muda-mudi Grojogan turun tangan juga dengan yakin dan percaya diri dia menemui si supir bus dan kernetnya, tanpa membuang-buang waktu lagi dia langsung mengutarakan tujuanya…bahwa anak-anak Grojogan ingin sekali piknik tapi dananya tipis (jujur banget sich…ya…). Eh…..syukur Alhamdulilah si supir bersedia nganter kita piknik dengan dana seadanya.

saja Berhubung transportasi udah dapat, kita langsung membentuk panitia dan memutuskan iuran Rp 20.000 pper kepala untuk biaya tiket masuk wisata, dan kita juga tahu dirilah…milih lokasi wisatanya nggak perlu jauh-jauh kasihan supirnya, toh buat kita yang penting happy dan kebersamaannya (lokasi wisatanya Pantai Nglagah dan Pantai Depok), setelah semuanya setuju kita memutuskan tanggal pelaksanaanya yaitu 13 September 2010 (hari ke empat setelah lebaran), setelah semuanya beres, eh….ternyata nggak Cuma muda-mudinya yang ingin piknik ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan ada 1 orang yang sudah kakek-kakek ingin ikut juga ( nah loh….bingung lah yang jadi panitia, busnya Cuma satu yang mau ikut lebih dari 60 orang).

Untuk menghormati yang lebih tua dan sekali-kali menyenangkan orang tua pada akhirnya mereka kita terima juga untuk ikut puiknik dengan konsekuensi ada beberapa cowok yang rela berdiri selama perjalanan (duh kasihan banget sich…), repotnya itu kalau dijalan ada polisi mereka harus menunduk agar bus tidak terlihat kelebihan muatan (bener-bener nekat ya…?).

Yes-yes….hore…tiba saat yang ditunggu-tungu hari Senin tanggal 13 September 2010, pagi itu muda-mudi Grojogan dan anggota piknik diluar muda-mudi pada bangun pagi-pagi dan sibuk mempersiapkan diri untuk piknik. Nah tepat pukul 07.00 WIB kita semua udah pada standby di lapangan tempat bus parkir lengkap dengan supir dan kernetnya yang dah siap nganter kita jalan-jalan.

Waktu kita semua dah pada nangkring dalam bus tiba-tiba saja ketua kita mohon pamit tidak bisa ikut piknik karena ditelvon oleh manager perusahaan tempat dia bekerja, bahwa pada saat itu juga dia harus berangkat kerja meskipun sebenarnya hari itu masih jatah dia untuk libur, ya….apa boleh buat piknik harus tetap dilaksanakan meski ketua kita nggak ikut (anak-anak pada kaget kok mendadak…..). nah kurang lebih pukul 07.30 kita berangkat menuju Pantai Glagah dalam perjalanan kita semua pada ngobrol, ada juga yang maen gitar sambil nyanyi, wah pokoknya kelihatan kompak dan happy dech….bahkan yang sudah tidak muda lagi bisa ikut happy dan seolah kembali ke masa lalunya….(he…he…saking gembiranya mungkin).

Kurang lebih pukul 10.00 WIB kita sudah sampai tempat tujuan, begitu pintu bus di bukak kita langsung bergegas menuju pantai lengkap dengan tas ransel yang isinya baju untuk main air dan perbekalan lainnya…..saking pinginnya kita nyebur kepantai beberapa temanku ada yang lupa dengan HP-nya akhirnya si HP diajak nyebur juga nah….rusak lah dia kena air garam kasihan sekali dia (kebetulan HP-nya masih baru), selama 3 jam kita semua main air, pasir, sepak bola pantai….. Wuh…pokoknya happy banget dech… yang paling membuat aku senam jantung aku hampir terbawa arus ombak karena terlarut dalam keasyikan main ombak, untungnya ada temanku yang tahu dan segera menahan dan menarik tanganku sekuat tenaga…oh….terima kasih teman…aku tidak akan lupa dengan pertolonganmu….

Setelah semua puas main air kita segera mandi dan ganti baju, kurang lebih selama 2 jam kita makan siang dan belanja oleh-oleh, emm….apes banget aku bersama 3 orang temanku beli makan harganya mahal tapi rasanya tidak begitu enak (berhubung lapar kita tetap makan dengan lahapnya he…he….). nah…setelah semuanya kumpul di parkiran bus kita segera melanjutkan wisata kita ketempat wisata selanjutnya yaitu Pantai Depok, sepanjang perjalanan ke Depok cuaca hujan grimis (wah…sepertinya wisata ke dua kurang menyenangkan karena hujan).

Setibanya di Pantai Depok waktu sudah menunjukan kurang lebih pukul 15.00 rombongan kita memutuskan untuk sholat asar dahulu (meskipun ada beberapa yang tidak ikut sholat, ya…biasalah…islam KTP) usai sholat kita langsung menuju pantai meskipun agak mendung tapi kita tetep jalan-jalan untuk belanja oleh-oleh yang nuansa pantai, dan kita juga mancicipi ikan bakar disana, wuh…rasanya uenak…setelah semua puas jalan-jalan dan makan kita semua kumpul lagi dalam bus dan memutuskan untuk kembali pulang, tapi….ketika panitia ngecek jumlah anggota ternyata ada 4 orang yang belum kumpul, ketika disms katanya lagi mau makan dan ikan sedang dalan proses pemasakan (anak-anak lainya pada marah, dari tadi kemana aja waktunya pulang baru pesan makan) akhirnya orang satu bus rela menanti…..eh….mereka yang dinanti nggak tahu diri makanya nyantae banget, 1 jam kita menanti….(duh….tu orang makan ikan paus kali ya….)

Setelah semua kumpul kita langsung cabut dari pantai….diperjalanan hujan deras banget masih juga ditambah macet….duh…kasihan pak supir…akhirnya pukul 18.30 kita baru sampai rumah, kebetulan uang iuran pikniknya masih sisa Rp 600.000, kita putuskan uang itu untuk pak supir. Senangnya….wisata kali ini dan lebih senangnya lagi lebaran tahun depan pak supir ngajak piknik lagi….Hore….tahun depan piknik bareng lagi…dan ALHAMDULILLAH kita selamat sampai tujuan.

Sampai jumpa cerita gembira rekreasi tahun depan

aktu itu tepat hari jum’at tanggal 8 Oktober 2010 aku menjadi panitia Makrab PGSD untuk mahasiswa baru, Makrab di laksanakan di bumi perkemahan Rama Shinta di dekat komplek candi Prambanan, tepatnya di tengan – tengah antara tempat pagelaran Ramayana dengan wisata candi Prambanan di sebelah sungai kanan sungai Opak.

Huuuum…….benar – benar sangat mengasyikkan

menjadi panitia Makrab di sana walaupun terkadang

sangat capek dan menyebalkan tetapi semua itu tetap

seru juga, saya di sana bertugas menjadi panitia selama

tiga hari dua malam. Setiap malam saya harus tidur

kelewat jam 12 malam huuuh…saya sebagai koordinator

konsumsi harus ekstra siap melayani makan mereka,

entah itu harus cuci pirng, menyiapkan makan, tetapi

tetep mengasyikkan karena saya juga tidak sendirian saya di bantu oleh rekan – rekan saya.

Di malam yang kedua acarany aadalah pentas seni, nah…. disitulah saya sempat menyanya walaupun suaranya nggak terlalu bagus, tapi cukup meluapkan kejenuhanku. Sampai hari terakhir tiba  saya pun masih sibuk dengan tugas yang sama, mandipun di sana harus antri, mana mahasiswa barunya di sana sedikit ngeyel – ngeyel dan susah di bilangin.

Dihari yang ketiga itu sebelum saya berkemas – kemas untuk kembali pulang. Para panitia dan peserta makrab menyisakan waktu untuk sekedar berwisata atau berjalan – jalan kelokasi Candi Prambanan di sana saya dan rekan – rekan sempat berfoto – foto di inggir Candi yang letaknya tidak jauh dari lokasi perkemahan saya. Di lokasi wisata Candi Prambanan di sana juga banyak Turis asing yang datang ada juga yang dari India saya melihat sangat

lucu sekali. Dua jam lebih kami berjalan –

jalan untuk berwisata banyak juga para

mahasiswa baru yang berfoto- foto mereka

sangat menikmati wisata sebentar itu,

walaupun kemarin sangat di beratkan dengan

tugas – tugas makarb yang sangat membuat

mereka capek. Saya juga melihat para mahasiswa baru berfoto dengan turis asing sangat menyenangkan dan mugkin ini akan menjadi kenangan yang indah dan mengesankan walupu harus bercapek – capek ria tapi inilah hasilnya sangat menyenangkan.

Tepat pukul  satu siang hari minggu tanggal 10 Oktober

2010 para peserta dan panitan untuk bersiap – siap

mengemas barang dan bergegas kembali pulang kerumah

masing – masing. Selamat tinggal bumi perkemahan Rama

Shinta selama tiga hari dua malam kami bersingah di sini

mungkin lain waktu kita akan kembali lagi ditempat itulah

kita menyimpan kenangan indah dan menyenangkan.